Kamis, 17 Desember 2009

Jenis Fauna Indonesia

Jenis Fauna yang hidup di Indonesia terbagi atas 3 wilayah yaitu :

Jenis Fauna Indonesia Barat (Tipe Asia)

Harimau
Harimau merupakan hewan buas pemakan daging. Harimau biasanya hidup di hutan rimba. Keberadaan harimau di Indonesia mulai mengkhawatirkan karena banyak para pemburu liar yang ingin mendapatkan harimau tersebut untuk dijadikan pajangan dan kulitnya bisa dipakai untuk kain. Di Indonesia barat Harimau hidup di pulau Sumatera, Jawa dan Bali.

Beruang
Beruang termasuk hewan buas, dan hewan karnivora beruang dalam hidupnya selalu berkelompok, hewan ini mempunyai cakar atau kuku yang tajam, saat ini keberadaan beruang di Indonesia hampir punah karena kurangnya perlindungan dan banyaknya perburuan liar. Di Indonesia Barat beruang hidup di Pulau Sumatera dan Kalimantan

Gajah
Gajah merupakan hewan darat terbesar yang seluruh dunia. Beratnya bisa mencapai kurang lebih 1 ton. Ciri khas dari gajah yaitu gajah mempunyai gading dan belalai yang panjang. Di Indonesia barat, keberadaannyapun mulai mengkhawatirkan hal ini disebabkan kurangnya perhatian dan perlindungan serta banyaknya perburuan liar. Di Indonesia barat, gajah hanya hidup di daerah pulau Sumatera saja.

Badak
Badak merupakan hewan yang mempunyai cula di kepalanya. Di wilayah Indonesia barat, badak yang hidup di daerah ini ada 2 macam, yaitu badak bercula satu dan badak bercula dua.
Badan bercula satu hanya hidup di Pulau Jawa. Hewan ini hanya memiliki 1 buah cula. Badak becula dua hanya di pulau Sumatera. Hewan ini mempunyai 2 buah cula. Keberadaan badak bercula dua hampir punah, jumlahnya sekarang hanya mencapai kurang lebih 300 ekor saja. Selain memiliki cula hewan ini mempunyai kebiasaan yang cukup unik yaitu sering berkubah lumpur. Biasanya badan berkubah untuk mendinginkan dirinya, dari sengatan sinar matahari., badak berkubah paling lama sekitar 6 jam.

Banteng
Banteng merupakan hewan yang sering memakai rumput (herbivora). Di daerah Indonesia barat banteng hidup di pulai Jawa dan Kalimantan. Di Spanyol banteng sudah menjadi olahraga, yaitu olahraga adu banteng antara banteng dengan manusia (matador)

Tapir
Tapir merupakan hewan yang hidup di wilayah Indonesia bagian barat. Hewan/ fauna ini terutama hidup atau berada di daerah pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan.

Orang Utan
Orang utan merupakan hewan khas asli dari Indonesia,. Hewan ini hanya hidup di daerah Indonesia bagian barat terutama di pulau Sumatera dan pulau Kalimantan. Hewan ini mempunyai cifi-ciri sama dengan siamang. Orang utan warna bulunya berwarna coklat dan tebal.
Orang utan mempunyai kekuatan otot yang kuat yang berada di otot tangan dan kaki. Hewan ini memakan buah-buahan terutama pisang. Keberadaannya pun sekarang cukup memprihatinkan karena dari sekian banyak orang utan yang hidup di daerah Indonesia Barat tinggal sedikit yang keberadaannya baik.

Kera Gibbon
Kera Gibbon merupakan hewan yang hampur punah keberadaannya. Kera Gibbon mempunyai ciri hampir sama dengan kera-kera lain, hewan ini hidup di Sumatera dan Kalimantan

Siamang
Siamang merupakan sejenis monyet besar, hewan ini mempunyai ciri khas yaitu hampir sama dengan orang utan, hewan ini hidup di Sumatera. Hewan ini keberadaannya hampir punah, karena banyaknya perburuan liar dan kurangnya perhatian.

Kijang
Kijang merupakan hewan yang mempunyai ciri khas khusus yaitu mempunyai tanduk yang unik di kepalanya, hewan ini menjadi incaran para pemburu liar yang ingin memiliki tanduknya, yang bernilai tinggi. Hewan ini hidup di daerah pulau Jawa, Bali dan Lombok

Kancil Pelatuk
Kancil pelatuk termasuk hewan yang cukup mengkhawatirkan keberadaannya hewan ini memiliki tubuh yang kecil dan mulut yang tonggos kedepan., hewan ini hidup di pulau Sumatera, Kalimantan dan Jawa.
Menurut kelompok kami dari bahasan diatas dapat disimpulkan bahwa hewan tipe Asia yang hidup di Indonesia Barat beraneka ragam bentuk dan jenis hewannya kita harus melindungi dan menjaga hewan tersebut supaya tidak punah keberadaannya.

Jenis Fauna Indonesia Timur (Tipe Austalia)
Mamalia
Hewan mamalia yang hidup di Indonesia timur yaitu terdiri dari Kangguru, Walabi, Burung, Nakdian Oposum layang, Kuskus, Kangguru pohon. Mungkin kita sering atau sudah tahu hewan mamalia adalah hewan yang bisa melahirkan dan menyusui.

Reptil
Adalah hewan pemburu (Predator) hewan lain. Predator biasanya hidup di air. Contoh hewan reptil atau pemburu (reptil) adalah buaya, biawak, kadal dan kura-kura.

Amphibi
Ampibi adalah hewan yang bisa hidup di dua alam yaitu di air dan di darat. Jenis hewan ampibi kebanyakan berjenis katak, contohnya seperti katak pohon, katak terbang,. Katak air, katak hijau dan jenis katak lainnya.

Burung
Burung yang hidup di daerah Indonesia Timur yaitu terdiri dari burung Cendrawasih, Burung Kasuari, Burung Nuri, dan Raja Udang. Burung Cendrawasih merupakan burung khas dari Indonesia Timur. Yaitu mempunyai ciri bulunya yang indah.

Ikan dan Serangga
Ikan yang hidup di daerah Indonesia Timur bermacam-macam dan berbagai jenis ikannya. Seranggapun berbeda-beda jenisnya, ada juga serangga yang langkah di daerah tersebut.
Dari pembahasan diatas, kita dapat simpulkan bahwa hewan tipe Australia memang sangat unik dan jenisnya beraneka raham.
Kita harus melindungi dan merawat hewan yang hidup di daerah sekitar kita.

Jenis Fauna Indonesia Tengah (Tipe Peralihan)
Mamalia
Jenis hewan mamalia yang hidup di Indonesia tengah terdiri atas anoa, babi rusa, kuskus, monyet hutan, sapi, banteng dan kuda.
Diantara hewan tersebut, anoa dan babi rusa merupakan hewan khas dari Indonesia Tengah. Hewan-hewan tersebut merupakan hewan yang akan terancam punah keberadaannya

Reptil
Hewan reptil yang hidup di Indonesia tengah yaitu biawak dan komodo.
Biawak dan komodo merupakan hewan khas dari Indonesia.
Komodo hidup di pulau Nusa Tenggara
Keberadaan hewan tersebut sangat mengkhawatirkan

Burung
Jenis burung yang hidup di Indonesia tengah terdiri dari burng Maleo, burung kakatua, burung nuri, burung merpati, burung dewata dan burung angsa.
Keberadaan hewan diatas akan terancam punah.

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa diantara hewan yang terdapat di Indonesia tengah terdapat fauna khas dari Indonesia dan tidak dapat dijumpai di daerah lain dan ada juga binatang langka seperti Anoa dan Komodo.

Jenis Fauna Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hika

1 komentar: